TikTok Works: Cara membuat video singkat berkualitas dengan dampak optimal

Oktober 25, 2023
TTW Logo

Tentang TikTok Works

TikTok adalah platform hiburan global yang memungkinkan brand berinteraksi dengan penggunanya secara terukur. Melalui kerja samanya dengan mitra penelitian dan pengukuran global, TikTok telah terbukti mampu memberikan dampak bisnis yang terukur di sepanjang funnel yang dilalui pengguna. TikTok Works adalah sebuah program yang diluncurkan untuk menginspirasi pengiklan bahwa mereka bisa mengoptimalkan hasil bisnis full-funnel-nya dengan TikTok. Kami sangat berkomitmen kepada pengiklan, dengan membantu mereka membuat keputusan periklanan yang lebih cerdas melalui serangkaian solusi pengukuran ditambah dengan dukungan dari para ahli kami.




3 ways to win with short-form videos Maksimalkan hasil bisnis dengan video vertikal efektif untuk brand Anda

Dalam lanskap bisnis saat ini, brand menghadapi berbagai tantangan di tengah persaingan yang makin ketat. Mereka harus menghadapi keterbatasan anggaran di tengah berkurangnya Return on Ad Spend (ROAS) karena konsumen tidak begitu memperhatikan iklan.

ID Image 1


Dengan adanya tantangan ini, bagaimana brand dapat merencanakan strategi kreatif dengan lebih baik untuk mencapai hasil yang diinginkan?

Di TikTok, kami sadar akan nilai efektivitas materi iklan dalam mendorong pertumbuhan bisnis. Dengan hampir 2 miliar pengguna di seluruh dunia, TikTok memberikan peluang bagi brand untuk unjuk gigi dan memamerkan keunggulannya melalui konten yang menghibur, menarik, dan kreatif. Di platform inilah kreativitas berubah menjadi keuntungan, karena setiap uang yang dihabiskan di TikTok mampu menaikkan pendapatan suatu bisnis dan menghasilkan ROAS yang 2x lebih tinggi dibanding channel media lainnya.

Sumber: TikTok Marketing Science, Marketing Mix Modelling, SEA, Juni 2023, dilaksanakan oleh Nielsen


Dengan pendekatan kami yang telah teruji dan terbukti dalam pembuatan konten, Anda pun dapat merencanakan aset materi iklan untuk memperoleh hasil yang lebih optimal dan menaikkan ROAS di TikTok.

ID Image 2


Utamakan value, volume, velocity (keunggulan, jumlah, dan relevansi) materi iklan

Dari hasil meta-studi internal kami terhadap lebih dari 1.000 materi iklan di Asia Pasifik, kami menemukan bahwa ada tiga faktor dasar yang mampu membantu brand berkembang dan memperoleh hasil optimal.

ID Image 4


Melalui materi iklan, brand dapat menyampaikan nilai serta keunggulan produk dan layanannya dengan jelas. Untuk hasil yang lebih optimal, pastikan Anda memiliki volume materi iklan yang memadai di grup iklan dan perbarui terus materi iklannya agar tetap relevan.


Recut, remix, and reimagine creative assets Recut, Remix, Reimagine (Edit ulang, Olah ulang, dan Konsep ulang) aset materi iklan

Proses kreasi konten di TikTok kini sudah jauh lebih mudah. TikTok menyediakan berbagai solusi bagi semuanya, baik itu bisnis lama atau baru, yang dapat membantu Anda mengedit ulang, mengolah ulang, dan mengonsep ulang aset materi iklan agar hasilnya optimal. Anda dapat mempelajari selengkapnya tentang rangkaian solusi kami dalam ringkasan ini.

ID Image 3

Berikut adalah panduan singkat tentang cara brand Anda dapat mengadopsi kerangka produksi materi iklan ini:

  • Recut (Edit ulang). Ubah aset materi iklan yang ada menjadi vertikal dengan rasio aspek 9:16.

  • Remix (Olah ulang). Edit aset dan coba tambahkan elemen TikTok seperti musik populer, dan manfaatkan fitur text-to-voice, overlay teks, serta stiker voting dan kartu tampilan untuk menyempurnakan konten.

  • Reimagine (Konsep ulang). Tingkatkan kreativitas konten Anda dengan bekerja bersama kreator TikTok dan coba manfaatkan konten buatan komunitas (UGC).


Sertakan elemen kreatif agar hasil bisnis maksimal

Agar kami dapat lebih memahami elemen kreatif mana yang punya kinerja terbaik dan mana yang mampu mendatangkan lebih banyak konversi, kami melakukan studi internal di seluruh industri untuk menguji berbagai pendekatan dan hipotesis. Dari hasil studi ini, Anda dapat melihat beberapa rekomendasi khusus yang mampu menaikkan tingkat konversi (CVR) bagi aset materi iklan mendatang Anda.


ID Image 5

Tunjukkan kreativitas Anda di TikTok

Jangan batasi kreativitas dan terapkan strategi yang tepat agar brand Anda makin bersinar. Ingatlah 3 faktor yang harus Anda utamakan, yaitu value, volume, velocity (keunggulan, jumlah, dan relevansi) agar materi iklan Anda benar-benar dapat mendatangkan hasil nyata. Dengan rangkaian solusi TikTok, brand juga dapat Recut, Remix, Reimagine (mengedit ulang, mengolah ulang, dan mengonsep ulang) aset materi iklannya agar dapat menjangkau audiens yang tepat secara terukur.


Hubungi Measurement Manager dan Partner Manager kami sekarang untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam tentang materi iklan yang efektif.