Keamanan brand di TikTok: Menjaga keamanan komunitas

Januari 17, 2022

Memperkenalkan Pilar Keamanan Brand TikTok Pelajari bagaimana TikTok berupaya menciptakan tempat yang aman untuk brand Anda, dimulai dengan pilar pertama kami yaitu menjaga keamanan komunitas

Cover brand-safety-tiktok-keeping-our-community-safe id

Di seluruh dunia, orang melihat TikTok sebagai sumber hiburan dan kegembiraan. Dengan miliaran konten TikTok yang dibagikan dan dilihat setiap bulannya, kami bertanggung jawab untuk memastikan keamanan setiap orang, termasuk brand.


Komitmen TikTok terhadap keamanan brand mencakup tiga prinsip utama yaitu keamanan, transparansi, dan akuntabilitas. Dari kebijakan hingga produk dan praktik, kami terus bekerja keras untuk meningkatkan semua bidang ini dan tetap terdepan di industri yang terus berubah ini.


Kami akan terus memberikan informasi kepada brand mengenai inisiatif keamanan terbaru kami karena ini adalah bagian penting dari komitmen TikTok terhadap transparansi. Pelajari lebih lanjut langkah yang kami ambil untuk menjaga keamanan platform ini.



Video di TikTok aman bagi brand

Coba lihat feed TikTok dan Anda akan melihat bahwa platform kami merupakan tempat yang nyaman dan bebas bagi orang untuk mengekspresikan dirinya. Kami ingin brand merasakan hal yang sama, yaitu merasa percaya diri berada di platform tempat ditampilkannya konten mereka. Untuk mencapai hal ini, kami terus mengoptimalkan platform kami agar dapat lebih baik melayani brand yang ingin menceritakan kisah mereka dengan aman, serta untuk terhubung dengan audiens di seluruh dunia.


Apakah sebenarnya arti keamanan brand di TikTok?

Makna keamanan brand secara historis adalah upaya untuk melindungi brand dari dampak negatif yang mungkin timbul saat iklan brand muncul di dekat konten yang tidak pantas. Namun, keamanan brand terus berkembang dan berbagai brand serta pengiklan sering kali memiliki definisinya sendiri. Untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan ini, kami menggunakan pendekatan berbasis misi untuk keamanan brand kami. Misi tersebut yaitu untuk menciptakan lingkungan paling tepercaya bagi brand, yang dibangun di atas fondasi keamanan, transparansi, dan akuntabilitas, dan ini nilai-nilai penting yang mendasari upaya kami. Karena dalam hal keamanan brand, semuanya berawal dari kepercayaan terhadap platform tempat konten Anda ditampilkan.


Keamanan brand sangatlah penting, tapi itu bukanlah hal yang sebagian besar pemilik bisnis ingin pikirkan setiap berinteraksi dengan audiensonline-nya. Pemilik bisnis ingin dapat mempercayai bahwa keamanan brand sudah diurus dengan baik, dan di situlah peran TikTok. Di TikTok, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan positif bagi branduntuk menyampaikan pesannya. 


Cara TikTok menjaga keamanan brand Anda

Keamanan bukan persoalan sampingan di TikTok, dan ini termasuk dalam inti dari identitas kami, yang meresap di setiap elemen platform kami. Kami mengambil pendekatan holistik terhadap keamanan brand, dan kami selalu mengembangkan solusi baru untuk menyempurnakan setiap level. Fokus menyeluruh TikTok terhadap keamanan dibagi ke dalam empat pilar utama:

  1. Menjaga keamanan komunitas

  2. Membangun solusi aman bagi brand

  3. Mendukung transparansi dan akuntabilitas

  4. Bekerja sama demi kemajuan

Pilar #1: Menjaga keamanan komunitas

Prioritas tertinggi kami sebagai perusahaan adalah melindungi komunitas dan memberdayakan para kreator untuk mengekspresikan dirinya secara autentik. Kami terus berupaya untuk menjaga platform ini selalu terbuka dan ramah bagi semua orang. Di sinilah sebenarnya keamanan brand dimulai, karena memprioritaskan keamanan dan keselamatan pengguna juga akan menciptakan lingkungan positif bagi brand.Konten berbahaya dan perilaku tidak pantas tidak memiliki tempat di TikTok, dan itulah mengapa kami terus meninjau dan memperbaiki kebijakan, praktik, dan produk kami:


Kebijakan

Kami telah menerapkan banyak kebijakan untuk menciptakan platform yang lebih aman, termasuk pembatasan usia dan Panduan Komunitas.

> Pembatasan usia

TikTok adalah aplikasi untuk mereka yang berusia 13 tahun ke atas. Pengguna baru harus memasukkan usianya di batas usia netral kami (tidak menunjukkan ke calon pengguna persyaratan usia minimumnya), dan mereka yang berusia di bawah 13 tahun tidak akan dapat membuat akun. Orang tua juga dapat memblokir TikTok pada ponsel anaknya melalui Apple App Store atau Google Playstore, yang sama-sama telah menilai TikTok untuk usia 12 tahun ke atas.

> Panduan Komunitas 

Panduan Komunitas TikTok merupakan fondasi untuk menjaga aplikasi agar tetap aman dan ramah, dan panduan ini didorong oleh misi kami untuk menginspirasikan kreativitas dan menghadirkan kegembiraan. Panduan ini juga menjelaskan dengan jelas tipe perilaku dan konten yang tidak diizinkan di platform ini.


Komunitas terus berkembang, dan demikian juga Panduan Komunitas kami. Kami memperbaruinya secara teratur agar mengikuti perilaku pengguna dan mengurangi risiko yang muncul. Misalnya, pada tahun 2020 kami memperbarui Panduan Komunitas untuk memasukkan kebijakan baru guna menghadapi misinformasi dan disinformasi, memperkuat kebijakan tentang perundungan dan pelecehan, serta memperluas kebijakan seputar aktivitas berbahaya yang dilakukan oleh anak di bawah umur. Yakinlah bahwa dengan mengutamakan keamanan, kami akan terus berada di puncak ruang online yang terus berubah ini guna memastikan bahwa setiap orang tetap terlindungi.


Praktik

Kebijakan akan gagal total tanpa tindakan proaktif untuk memastikan penerapannya. Praktik moderasi kami dibangun berdasarkan keamanan pengguna, dan kami terus mengoptimalkan pendekatan kami melalui inovasi internal dan kerja sama industri.Praktik moderasi konten TikTok menggabungkan teknologi terbaru dengan intuisi dan respons manusia yang kuat. Semua konten yang diunggah ke TikTok akan melewati moderasi berbasis teknologi. Tim moderator global TikTok juga akan meninjau konten yang telah ditandai oleh teknologi, dilaporkan oleh pengguna, atau konten yang meningkat popularitasnya, selama 24 jam, 365 hari dalam satu tahun.


Tapi apakah itu berhasil?Laporan Penegakan Panduan Komunitasterbaru kami mengungkapkan bahwa konten di TikTok sangatlah positif. Dalam Q2 2021, kurang dari 1% dari semua video yang diunggah ke TikTok telah dihapus karena melanggar aturan.

  • 87,5% video yang melanggar tersebut ditemukan dan dihapus sebelum ditonton

  • 94,1% dari video tersebut dihapus sebelum dilaporkan

  • 93,0% dihapus dalam waktu kurang dari 24 jam setelah diunggah.

Meskipun jumlah itu tidak menunjukkan keberhasilan 100% dalam menangkap konten yang tidak pantas, itu menunjukkan komitmen kami dalam mengambil tindakan. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan praktik kami dan menjaga TikTok tetap aman bagi setiap orang.

Produk

Selain panduan dan praktik, aplikasi TikTok sendiri dirancang dengan mengutamakan keamanan, dari kontrol yang ramah-orang tua hingga edukasi pengguna.


Kontrol keamanan. Kami sepenuhnya mengizinkan TikToker mengelola pengalaman mereka melalui serangkaian kontrol bermanfaat untuk mengelola pesan dan komentar, membatasi interaksi, dan melaporkan konten dengan mudah. Tidak seperti platform lain, pengguna tidak bisa mengirim gambar pada komentar atau pesan di TikTok.


Melindungi kreator muda. Kami berkomitmen terhadap keamanan semua pengguna TikTok, terutama bagi mereka yang baru saja memulai perjalanan digitalnya. Pengguna muda (usia 13-17 tahun) memiliki pengaturan privasi sesuai usia dan kontrol yang didesain secara khusus untuk kelompok usia mereka. Misalnya, pengguna harus berusia 16 tahun ke atas untuk bisa mengirim pesan langsung dan akun di bawah usia 16 diatur sebagai privat secara default.


Pemasangan Keluarga. Semua orang tua tahu bahwa membesarkan anak memerlukan keseimbangan yang tepat antara memberi mereka otonomi dan menjaga keamanannya. Keseimbangan itu juga akan terus berubah seiring pertumbuhan dan pendewasaan mereka. Kami mempermudah hal ini melalui


Pemasangan Keluarga, yang memungkinkan orang tua dan wali menghubungkan akun TikTok-nya dengan akun TikTok anak remajanya. Orang tua dapat memandu tipe konten yang tersedia bagi anak remajanya, mengontrol berbagai pengaturan seperti pesan, pencarian, kemudahan ditemukan, komentar, dan video yang disukai, serta mempromosikan kebiasaan waktu menonton yang sehat.


Edukasi keamanan. Pengetahuan adalah kekuatan dan pembelajaran di TikTok itu menyenangkan. Kami sangat berupaya untuk membuat edukasi keamanan menjadi menghibur sekaligus informatif, dan kami benar-benar melakukannya di saluran @TikTokTips kami. Di sini kami bekerja sama dengan kreator TikTok untuk mengajarkan keamanan dan keselamatan kepada komunitas kami, mulai dari tips kata sandi dan pengingat kebijakan sampai topik kesejahteraan digital yang penting.


Tidak ada batas akhir untuk keamanan brand

Kami bekerja keras untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi brand Anda di TikTok melalui dedikasi kami untuk melindungi komunitas, membangun solusi keamanan brand baru, tetap transparan dan akuntabel, serta memprioritaskan kerja sama. Kami bangga dengan langkah yang telah kami ambil untuk menjaga keamanan komunitas kita, tapi kami belum selesai. Seiring dengan berkembangkan platform, kami akan terus berupaya untuk membangun tempat paling aman di dunia bagi pengguna dan brand. 


Baca Lebih Lanjut Disini